Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Dinas Pendidikan Bojonegoro © 2014
Informasi terkait problem PDUN 2020

Bojonegoro - Di era industri 4.0 yang hampir semuanya berbasis digital tentu ada sebuah problem umum, tidak terkecuali data pendidikan. Tentu ini menjadi sebuah tantangan untuk kita semuanya. Terkait Peserta Didik Ujian Nasional atau lebih dikenal dengan PDUN ada sedikit skema yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bila dulu hanya cukup menggunakan aplikasi Bio UN, sekarang tidak sepenuhnya karena ada keterkaitan dan sinkron dengan aplikasi Dapodik sekolah.

Untuk saat ini operator sekolah dapat mengisi Bio UN dengan cara mengupload file dz yang didapatkan dari data hasil sinkronisasi Dapodik. Untuk itu dihimbau kepada seluruh operator sekolah agar memastikan semua data siswa yang diinputkan kedalam aplikasi dapodik sudah benar. Bila masih ada yang terkendala baik permasalahan data ganda atau kekeliruan identitas siswa maka sesegera mungkin untuk memperbaikinya secara online melalui vervalpd.data.kemdikbud.go.id.

Perlu diketahui bersama bahwa proses sinkronisasi data antara Dapodik, Verval PD dan PDUN tidak bisa realtime sehingga harus menunggu progress update data server di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bila server dalam keadaan normal maka waktu yang dibutuhkan untuk update adalah 1 x 24 jam, namun bila server sedang sibuk atau overload maka proses akan memakan waktu lebih lama, yakni antara 3 - 7 x 24 jam.

Apabila menemui kendala terkait hal ini anda dapat menjalin komunikasi dengan teman sesama operator sekolah lainnya yang dirasa lebih senior atau bisa koordinasi dengan operator korwil di kecamatan masing-masing atau anda dapat juga langsung konsultasi dengan admin Dinas Pendidikan.

Semoga informasi ini bermanfaat.