Bojonegoro - Sebagaimana dikutip dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro, bahwa Dinkominfo terus meningkatkan pelayanan informasi dengan dukungan narasumber-narasumber pilihan yang berkualitas. Edisi spesial kali ini, Kamis (04/04/2019) program siar unggulan Ayo Mas Bro bersama narasumber dari Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disperinaker), Bojonegoro Karir, dan SMKN 2 Bojonegoro. Nasruli Chusna, host Malowopati FM yang memandu Ayo Mas Bro menjelaskan bahwa siaran radio Malowopati saat ini belum melalui gelombang radio FM karena menunggu kesiapan studio di gedung PIP (Pusat Informasi Publik). Namun, masyarakat tetap dapat mengikuti live talkshow ini dengan kualitas yang baik secara live streaming facebook dengan nama akun ‘mitra malowopati’, dan streaming radio di ‘www.radiomalowopati.online’, dan juga bisa bergabung melalui WhatsApp nomor 08113322958.

Kartika Dewi, narasumber dari Forum BKK SMKN 2 Bojonegoro menjelaskan, forum BKK (Bursa Kerja Khusus) adalah sebuah forum yang memfasilitasi para siswa untuk mendapatkan pekerjaan setelah mereka lulus nanti, bahkan forum BKK sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan dan Disperinaker yang dapat menjembatani sekolah-sekolah dengan perusahaan-perusahaan.

Joko Santoso Kabid Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja Disperinaker menyampaikan pihaknya bekerjasama dengan Bojonegoro Karir dan Forum BKK rencananya tanggal 10-11 April 2019 akan menyelenggarakan Job Fair di SMKN 2 Bojonegoro, jalan Pattimura Bojonegoro, dimulai jam 08.00 – 16.00 WIB.

“Sebelumnya kami telah mempersiapkan diri dengan mencari lowongan-lowongan di perusahaan-perusahaan, tidak hanya di Bojonegoro. Kami ingin merubah pola sebelumnya, kami melangkah ke Jawa Tengah (Gorobogan, Semarang, Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen) agar mau bekerjasama dengan Forum BKK Bojonegoro”, ungkapnya. Sejak tahun 2017 Job Fair telah diselenggarakan d sekolah-sekolah agar siswa sejak kelas 11 sudah bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan sejak dini, meskipun begitu Job Fair ini tetap untuk masyarakat umum.

Tentang Bojonegoro Karir, Greniel menjelaskan bahwa itu adalah layanan dari Disperinaker yang bekerja, berkoordinasi dengan perusahaan terkait dengan lowongan pekerjaan, pelatihan sertifikasi, beasiswa dan magang. Semua informasi itu bisa didapatkan oleh pencari kerja melalui website resmi www.bojonegorokarir.com. Di website itu pelamar harus membuat akun dan mengupload beberapa data. Bojonegoro Karir memberikan layanan online maupun offline dengan membuka medsos bojonegorokarir atau melalui papan informasi di Disperinaker.

Lebih lanjut Kartika Dewi menjelaskan pada Job Fair Bojonegoro 2019 akan ada 40 perusahaan yang akan membuka lowongan baik dari Bojonegoro, Jawa Timur (luar Bojonegoro), Jawa Tengah, luar Jawa yang kantornya berpusat di Surabaya. Perusahaan besar yang akan membuka lowongan diantaranya PT. Eka Silver (Surabaya),  Sumber Alfamart Trijaya (Rembang), Brilian Jaya Wood Industry (Gresik), Meka Adi Pratama (Semarang) dan lainnya. “Kurang lebihnya 12 ribuan lowongan pekerjaan (loker), yang semoga nanti bisa mengakomodir kebutuhan-kebutuhan pencari kerja utamanya masyarakat Bojonegoro”, jelas Kartika. Job Fair Bojonegoro 2019 ini sangat luar biasa pentingnya bagi sekolah-sekolah kejuruan karena sesuai program pemerintah pusat, terkait dengan rivitalisasi sekolah menengah kejuruan. Ini sesuai program untuk lebih memaksimalkan bagaimana siswa mudah mendapatkan pekerjaan sesudah lulus nanti.

Sementara itu Joko Santoso menambahkan, dalam Job Fair 2019 nanti satu orang bisa melamar lebih dari satu lowongan asal memenuhi persyaratan. Selain itu ada beberapa perusahaan yang membuka seleksi juga langsung pada tanggal 10-11 April seperti PT. Pungkook (Grobogan), Ritek, Alfamart, Indomart. Tahun ini juga dua akan ada perusahaan (sepatu dan home industri) yang bisa menerima disabilitas dengan penempatan cukup di Bojonegoro. Kartika kembali menambahkan, di Job Fair 2019 akan disediakan beberapa tempat sekaligus untuk rekrutmen, tes tulis, interviu, dan ini sudah dipublikasikan kepada para siswa dan para alumnus. (kmf)

 

 

Dikutip dari : dinkominfo


By Admin
Dibuat tanggal 08-04-2019
623 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
64 %
Puas
6 %
Cukup Puas
1 %
Tidak Puas
29 %