Bojonegoro - Mungkin diantara Bapak dan Ibu guru semua sudah mengerti bahwa NISN mempunyai peran yang sangat penting bagi putra-putri anak didiknya. Namun bagi sebagian masyarakat tentu ada yang  belum mengerti atau bahkan ada yang belum memahami dan belum tahu apa itu NISN. Pada dasarnya NISN itu sama dengan NIS yang diterbitkan sekolah. Perbedaannya hanya pada sifatnya. Bila NIS diterbitkan oleh sekolah dan sifatnya hanya internal sekolah, namun bila NISN itu bersifat nasional yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan. 

Apa itu NISN?

NISN adalah sebuah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional yang berfungsi sebagai identittas siswa yang bersifat nasional yang bisa digunakan secara berkelanjutan dari  jenjang Sekolah Dasar hingga sampai ke Perguruan Tinggi. NISN merupakan sebuah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unit, standar dan berlaku sepanjang masa selama siswa tersebut masih menempuh pendidikan disuatu lembaga pendidikan. 

Apa manfaatnya?

Beberapa manfaat dengan memiliki NISN diantaranya :1). Mengidentifikasi setiap siswa di Seluruh Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan, 2). Sebagai pusat layanan sistem nomor induk siswa secara nasional secara online bagi unit-unit kerja di Kemdikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi terkini, 3). Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik ditingkat propinsi, kabupaten hingga sekolah, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional (UN), Program Indonesia Pintar (PIP) dan Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Bagaimana cara mendapatkan NISN?

Pada dasarnya untuk pemberian NISN sudah dilakukan secara otomatis melalui sistem berbasis online, dalam hal ini Dapodik adalah sumber data utama. NISN diterbitkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) Kemdikbud dimana penerbitannya dilakukan otomatis sesuai data dapodik sekolah yang telah dilakukan sinkronisasi.

Data NISN salah, Apakah bisa diperbaiki?

Jawabannya tentu bisa. Data NISN yang salah dapat diperbaiki dengan cara menghubungi operator dapodik yang ada disekolah dengan membawa data pendukung asli. Data pendukung tersebut dapat berupa akte kelahiran, KK dan ijazah yang dimiliki. Setelah itu operator sekolah akan melakukan verifikasi dan validasi data dan diajukan perbaikan melalui sistem. Selanjutnya apabila pengajuan pembetulan NISN sudah dilakukan oleh operator sekolah maka  operator kabupaten akan melakukan persetujuan sesuai dokumen yang dilampirkan. 

Semoga informasi ini bermanfaat.(zain)


By Admin
Dibuat tanggal 08-08-2019
4700 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
63 %
Puas
6 %
Cukup Puas
1 %
Tidak Puas
31 %