Dinas Pendidikan - Hari ini, 1 Oktober 2020 kita peringati Hari Kesaktian Pancasila. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini biasanya akan diisi dengan upacara dan pengibaran bendera merah putih setengah tiang.

Berbicara tentang hari bersejarah ini tentu tidak lepas dari pembahasan tentang Gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan G-30S. Dalam insiden G-30S kita dapat mengenang sebuah peristiwa berdarah yang dimana pada hari itu 6 jenderal dan 1 kapten serta beberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta. 

Gejolak yang timbul ini pada akhirnya dapat diredam oleh otoritas militer Indonesia. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai hari peringatan G-30S dan 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila. Peringatan hari ini bermula dari Surat Keputusan Menteri atau Panglima Angkatan Darat, Jenderal Suharto pada 17 September 1966 lalu.

Setelah keputusan itu keluar, Wakil Panglima Angkatan Darat Letjen Maraden Panggabean dalam jumpa pers menjelaskan, Pancasila sebagai way of life bangsa Indonesia pada tanggal itu mendapat ancaman yang luar biasa sehingga hampir saja musnah dari Bumi Pertiwi.

Namun, Pancasila selamat dari serangan fisik penganut Marxisme, Leninisme, dan Maoisme.Karena itu dapat disimpulkan bahwa Pancasila adalah sumber kekuatan moril dan spiritual bangsa ini. Dalam surat itu dinyatakan, peringatan harus dilakukan oleh seluruh slagorde (pasukan) Angkatan Darat dengan mengikutsertakan angkatan lainnya serta rakyat. Pada 1 Oktober 1966, peringatan Hari Kesaktian Pancasila pertama kali dilakukan di Lubang Buaya.


By Admin
Dibuat tanggal 01-10-2020
599 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
63 %
Puas
6 %
Cukup Puas
1 %
Tidak Puas
30 %