Bojonegoro - Sebuah kepastian yang tidak dapat dipungkiri bahwa keluarga merupakan pendidik yang paling utama serta memiliki peranan yang sangat strategis dalam membuat sebuah pondasi pendidikan dalam membentuk karakter pada anak. Berbagai studi telah menunjukkan bahwa keterlibatan keluarga dalam pendidikan dapat meningkatkan prestasi anak didiknya. Proses pembentukan karakter inilah yang menjadi isu keresahan nasional yang menjadi cikal bakal munculnya pendapat tentang full day school. 

Guna mempersiapkan bekal bagi para guru di Kabupaten Bojonegoro untuk turut serta mensukseskan terwujudnya pendidikan karakter yang melibatkan unsur keluarga inilah Dinas Pendidikan mengadakan Workshop Peningkatan Program Pelibatan Keluarga Pada Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Mitra PAUD dan Kepala Satuan Pendidikan Se Kabupaten Bojonegoro. 

Kegiatan ini dilaksanakan hari Selasa (05/03/2019) di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro dan diikuti sebanyak 300 orang yang terdiri dari Kepala SD Negeri dan Swasta, IGTK, HIMPAUDI, dan ada yang dari unsur eksternal seperti Muslimat dan Kader PKK. Narasumber yang didatangkan berasal dari BP-PAUD DIKMAS Propinsi Jawa Timur. 

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Drs. Hanafi, MM. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan menyampaikan bahwa pelibatan keluarga dalam pendidikan ini sangat penting. Semua orang tua harus punya kepedulian yang tinggi terhadap putra putrinya. Dalam kaitannya dengan karakter anak, ibu adalah guru pertama dan merupakan tiangnya negara. Peran keluarga dalam pembentukan karakter anak ini sangat luar biasa, terangnya.

Kemudian masih lanjutan dari Bapak Drs, Hanafi, MM, bahwa untuk menjawab isu keresahan nasional mengenai prilaku anak, maka ditahun ajaran baru nanti akan ada mulok tambahan akidah akhlaq, dimana semua guru harus mengajarkan anak didiknya tentang akhlaqul karimah, dengan harapan anak-anak di Bojonegoro dapat menjadi anak yang punya akhlak yang baik, sopan santun, berbudi  serta dapat meningkatkan kualitas pendidikan baik dari sisi akademik maupun non akademik. (Zn)

 


By Admin
Dibuat tanggal 05-03-2019
419 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
63 %
Puas
6 %
Cukup Puas
1 %
Tidak Puas
30 %