Bojonegoro - Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro terus berupaya dalam peningkatan mutu sumber daya manusia bidang pendidikan. Hal ini tentu patut mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Dalam rangka menjawab tantangan era 4.0 saat ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengawas SD dan Kepala Sekolah. Acara ini diikuti oleh 327 peserta yang terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada hari Selasa (26/03/2019) dan sesi kedua dilaksanakan hari ini, Rabu (27/03/2019). 

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Hanafi, MM menyampaikan bahwa pada tahun ajaran baru 2019/2020 nanti semua sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan akan diberlakukan kurikulum muatan lokal untuk pendidikan karakter yang mengacu pada akhlaqul karimah. Aturan ini diberlakukan untuk menjawab tantangan era 4.0 dimana selain kompetensi akademik, semua peserta didik harus mempunyai kompetensi pendidikan karakter dimana kesopanan, akhlaq yang baik, adab dan perilaku harus tetap mengedepankan unggah-ungguh dan budaya saling menghormati kepada orang tua atau bapak/ibu guru di Sekolah.

Sementara itu, sekretaris Dinas Pendidikan juga menyampaikan tentang beberapak kebijakan Dinas Pendidikan diantaranya, Kurikulum muatan lokal tentang pendidikan akhlaq ini harus sudah diterapkan di sekolah inti mulai Bulan April 2019 mendatang, kemudian untuk sekolah imbas dapat memulainya sejak Tahun Ajaran Baru nanti. Dengan adanya kurikulum mulok tambahan ini semua pihak berharap akan ada perubahan mental, sikap dan perilaku yang baik terhadap siswa-siswi di Kabupaten Bojonegoro. (zn)


By Admin
Dibuat tanggal 27-03-2019
541 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
63 %
Puas
6 %
Cukup Puas
1 %
Tidak Puas
30 %